KOMPONEN-KOMPONEN DALAM SILINDER
blok sILINDER
Blok silinder adalah komponen motor yang paling besar, sebagai
tempat pemasangan komponen mekanik dan sistem-sistem lainnya. Blok silinder
mempunyai lubang silinder tempat piston bekerja.
KEPALA SILINDER (CYLINDER HEAD)
Kepala silinder memiliki fungsi sebagai penutup silinder atas
dan ruang bakar kerja motor. Bentuk ruang bakar ada yang datar/rata, tirus,
lengkung atau gabungan dari bentuk-bentuk tersebut.
Pada kepala silinder terdapat lubang katup-katup, saluran masuk,
saluran buang, lubang busi, lubang saluran air pendingin, saluran oli dan
tempat pemasangan mekanik katup. Di bagian atas kepala silinder dipasang tutup
pelindung, berguna untuk melindungi komponen mekanik katup, mencegah debu agar
tidak masuk dan mencegah oli supaya tidak bocor.
BLOK SILINDER (CYLINDER BLOCK)
Blok silinder adalah komponen utama motor yang terdiri dari
lubang-lubang silinder tempat piston bekerja.
Konstruksi dan bentuk blok silinder ditentukan dari beberapa
faktor:
§
jumlah silinder
§
susunan silinder
§
susunan katup
§
jenis mekanisme katup
§
sistem pendingin
Jenis tabung silinder dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
§
Silinder basah, dimana air pendingin langsung menyelimuti atau
bersentuhan langsung dengan dinding luar silinder;
§
Silider kering, silinder ini tidak bersentuhan langsung dengan
air pendingin, karena terbingkai secara keseluruhan. Di bagian bawah dipasang
panci minyak pelumas oli atau carter oil berfungsi sebagai tempat minyak
pelumas dan penutup bagian bawah blok silinder. Di dalam panci/carter
dilengkapi dengan sekat pemisah yang berfungsi mengurangi atau mencegah
goncangan minyak pelumas oli apabila kendaraan melewati jalan tidak rata atau
bergelombang agar sistem pelumasan tidak terganggu.
POROS ENGKOL (CRANK SHAFT)
Poros engkol (crank shaft) adalah komponen mesin yang mengubah
gerakan lurus bolak-balik piston menjadi gerak putar dengan perantara batang
piston.
Pada bagian engkol terpasang batang piston disebut crank pin
sedangkan yang terpasang pada blok silinder disebut crank journal.
PISTON DAN BATANG PISTON
(CONNECTING ROD)
Semua piston harus memiliki tekanan yang bervariasi selama
langkah isap atau vakum sampai tekanan puncak sebesar 1000 — 1200 psi, dengan
temperature dan pemuaian panas naik-turun yang dihasilkan.
Selain itu piston harus mampu menahan tekanan tinggi dari
dorongan dari samping terhadap dinding silinder, menahan keausan luar dan dalam
alur cincin dari aksi tekanan serta luncuran cincin kompresi.
Piston memiliki fungsi penting dalam sistem kerja motor. Fungsi
utama piston adalah menerima tenaga ledakan dari proses pembakaran dan
meneruskan tenaga ke poros engkol menjadi tenaga putar dengan perantara batang
piston. Atau mengubah tenaga panas menjadi tenaga mekanis. Piston bekerja untuk
mengatur langkah kerja motor, baik motor dua langkah (tak) maupun motor empat
langkah (tak).
Supaya piston bekerja efektif maka piston dilengkapi dengan
cincin piston (ring piston), dan pada umumya ring piston yang dipasang ada tiga
buah yaitu, dua ring kompresi I, II dan satu ring oli.
Fungsi ring piston sebagai penyekat atau perapat yang mencegah
supaya tidak terjadi kebocoran dari ruang bakar (combustion chamber) ke ruang
engkol (crank case) dan memberikan pelumasan yang cukup pada dinding silinder
selama operasi kerja mesin. Posisi ring piston terdapat di bagian atas piston
yang menghadap ke ruang bakar.
RODA PENERUS (FLY WHEEL)
Fungsi roda penerus adalah
sebagai penyimpan tenaga selama proses kerja motor, yaitu selama
langkah daya dan meneruskan putaran selama langkah buang, isap dan kompresi.
Menjaga kecepatan putar poros engkol dengan cara menyerap tenaga
bila kecepatan meningkat dan ketika kecepatan turun akan memberikan tenaga
sehingga putaran poros engkol dapat seragam.
Banyaknya tenaga yang bisa disimpan oleh roda penerus tergantung
dengan berat dan diameter serta kecepatan mesin. Mesin motor kecepatan tinggi
membutuhkan roda penerus yang lebih ringan dan lebih kecil dibanding dengan
mesin kecepatan rendah dengan daya yang sama.
ayam bangkok aduan Live terbesar di indonesia hanya di AGEN BOLAVITA
BalasHapusBonus Spesial Happy New Year 2019 Agen Bolavita Akan Memberikan Bonus Deposit IDR 1.000.000,- * Yuk Segera Daftar Di Agen Bolavita Agen Taruhan Online Aman Dan Terpercaya.
INFO Kontak Kami (24 jam Online):
BBM: B O L A V I T A
WA: +62 8 1 2-2 2 2 2-9 9 5
Line : cs_b o l a v i t a